04/02/19

Harlah NU, Terong Gosong ala Santri, dan Doa Bersama

Doa bersama di Posko Pemenangan Gus Hilmy Kec. Depok.
Kamis (31/1), para sahabat di Posko Pemenangan Gus Hilmy Kecamatan Depok mengadakan peringatan secara sederhana Harlah ke-93 Nahdlatul Ulama. Acara ini sekaligus doa bersama untuk keselamatan kita semua dan memohon kepada Allah ta’ala untuk kemenangan Gus Hilmy. Pada jam Sembilan malam, para sahabat sudah mulai berdatangan setelah melakukan aktivitas masing-masing di awal malam Jum’at.

Pada malam sebelumnya dalam obrolan ringan sudah dibagi tugas. Kang Muhaimin membawa segala hal yang berkaitan dengan pembuatan sambal, Kang Shodiq membawa terong, Kang Tamyiz membawa peralatan masak nasi, Kang Alwi membawa teri dan anglo, Kang Risman membawa kerupuk, Gus Dur menyumbang buah, dan lain-lain.

Anglo disiapkan, arang dibakar, lalu terong dibakar di atas arang yang mulai membara oleh Kang Shoim dan Kang Shodiq. Bersamaan dengan itu, Kang Muhaimin mengupas brambang, bawah, menyiapkan lombok dan tomat, lalu digoreng dengan wajan kecil di atas arang yang semakin membara. Sementara itu Kang Risman memotong semangka dan pepaya; Kang Tamyiz memasak nasi.

Membakar terong di atas arang yang membara.
Makan bersama, betapa nikmat sekali.

Tidak perlu menunggu lama, masakan terong gosong ala santri sudah siap. Daun pisang kemudian ditata dengan rapi di atas meja posko yang memanjang. Nasi, terong, sambal, klotok, teri, botok, dan kerupuk ditaruh di atas daun pisang. Lalu, para sahabat duduk dengan rapi untuk melakukan dzikir tahlil yang dipimpin oleh KH. Roikhan Zainal Arifin Al Makky. Sedangkan doa dimohonkan kepada H. Saliman dan KH. Syamsul Hadi untuk berkenan memimpin.

Ohya, dalam acara makan ini, ikan klotoknya dari Jombang,
sedang ikan terinya dari Blitar.
Alhamdulillaah..., mantul, alias mantap betul!

Setelah tahlil dan doa, acara makan bersama nasi berlauk terong gosong pun dimulai. Beberapa sahabat berkomentar betapa nikmat sekali. Ada yang bilang memang sengaja sejak siang tidak makan untuk acara makan bersama malam ini. Alhamdulillaah, betapa kebersamaan ini anugerah yang tiada tara bagi kami. Semoga segala hajat dikabulkan oleh Allah Swt., Dzat Yang Maha Suci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar