12/01/19

Ngaji Bareng Gus Hilmy di Masjid Al-Ikhlas, Tapanrejo: Agar Anak-Anak Menjadi Shalih

Gus Hilmy menyampaikan mauidhoh hasanah
di Masjid Al-Ikhlas, Tapanrejo, Maguwoharjo.
Rabu (22/12), ba’da jamaah shalat Maghrib, Gus Hilmy berkesempatan untuk mengisi pengajian di Masjid Al-Ikhlas, Tapanrejo, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini, Gus Hilmy menyampaikan beberapa hal yang sangat penting, di antaranya sebagai berikut.

Pertama, betapa penting kita sebagai anak untuk berbakti kepada kedua orang tua, terutama ibu. Sampai-sampai ada hadits yang menyatakan, “Aljannatu tahta aqdaamil ummahat, surga itu berada di bawah telapak kaki ibu.

Kedua, sebagai anak kita harus mampu untuk "mikul duwur mendem jero", menjadi anak-anak yang mampu membahagiakan kedua orang tua.

Ketiga, keshalihan anak tergantung dari keshalihan orang tua. Maka, ada hadits yang menyatakan, “Berbakti dan berbuat baiklah kepada orang tua kalian, maka anak-anak kalian akan berbakti dan berbuat baik juga kepada kalian." Oleh karena itu, kita harus bisa menjadi teladan bagi anak-anak dan keluarga kita.

Seusai pengajian, berbincang bersama Prof. Syihabuddin Qalyubi.

Keempat, sebagai orang tua, kita perlu terus membimbing anak-anak kita, setidak-tidaknya mereka bisa membaca al-Qur'an. Perlu juga mengenalkan mereka urusan-urusan rukun Islam, rukun iman, berhubungan dengan orang lain, akhlak, dan ibadah.

Kelima, tiada nikmat yg melebihi anak shalih. Untuk itu, usahakan sebelum tidur membaca doa, Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar