20/12/18

Gus Hilmy, Meneladani dan Mendekati Ulama

Gus Hilmy nderekne Gus Ali, Tulangan, Sidoarjo,
ziarah ke makam raja-raja di Imogiri.
Gus Hilmy merupakan pribadi yang senang untuk terus belajar. Begitu juga ketika menerima amanah dari PWNU DIY untuk maju menjadi Calon DPD RI, ia pun tak segan-segan untuk belajar kepada para ahlinya.

Dalam hal wilayah rohani, misalnya, ia tak segan-segan mendekat ke Gus Ali Masyhuri "Bumi Sholawat" Tulangan, Sidoarjo, untuk mendapatkan berkah. Gus Ali Masyhuri yang terkenal dengan doanya; di mana setiap event muktamar NU, atau acara-acara besar lainnya pasti mengharapkan kehadiran beliau untuk berdoa atau sekadar berkeliling di arena acara. Pun demikian Gus Hilmy bisa bersama beliau Gus Ali Masyhuri ke Imogiri untuk mengirimkan doa serta kulo nuwun dengan para raja yang sudah sumare.

Kulo nuwun di sini merupakan bentuk tawadhu’ sebagaimana syair yang menyatakan: "Wa laa tamsyii fauqol ardli illa tawaadhu'an # fakam tahtahaa qoumun hum minka arfa'u # Wa in kunta dza thaulin wa 'izzin wa man'atin # fakam tahtahaa qoumun hum minka amna'u. Jangan berjalan di muka bumi kecuali merendahkan diri # Sebab di bawahnya banyak yang lebih mulia darimu # Jika engkau memiliki kekuasaan, kemuliaan, dan kekuatan # Ketahuilah bahwa di bawah bumi banyak yang lebih kuat darimu."

Sowan KH. Chalwani Nawawi, Berjan

Di kesempatan lain, Gus Hilmy sowan kepada KH. Chalwany Nawawi, Berjan, Purworejo. Dalam kesempatan ini, Gus Hilmy ingin ber-tasyabbuh (menyerupai) dalam hal memakai surban dalam foto yang akan digunakan sebagai tanda pengenal khalayak umum (pemilih) dan KH. Chalwani pun mengizinkan, bahkan mengijazahkan doa ubat ubet dari KH. Dalhar Gunung Pring.

Gus Hilmy sowan KH. Chalwani Nawawi, Berjan, Purworejo.
Bersama Gus Yusuf Khudlori, Tegalrejo.

Ada sebuah hadits yang berbunyi: "Man tasyabbaha biqoumin fahuwa minhum. Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia akan termasuk dalam bagiannya." Hal ini juga termasuk akhlaqul karimah, berhati-hati dalam melangkah supaya tidak membuat gelo orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar